Sejumlah kesalahan yang bisa menghapus pahala shalat jumat bagian kelima

SEJUMLAH KESALAHAN YANG BISA MENGHAPUS PAHALA SHALAT JUMAT

BAGIAN KELIMA : TIDUR SAAT KHATIB BERKHUTBAH

Oleh Syaikh Abu ‘Ubaidah Masyhur bin Hasan bin Salman
Alqaulul Mubiin fi akhta’il Mushallin

Dari ibnu Aun, dia dari Ibnu Sirin, dia berkata:
“Mereka membenci tudur ketika imam sedang berkhutbah. Mereka mengatakan yang demikian itu dengan perkataan yang keras.” Ibnu Aun berkata: “Kemudian dia bertemu dengan saya setelah itu, lalu dia berkata: Engkau tau tentang apa yang mereka katakan? Dia berkata: Mereka berkata: Perumpamaan mereka sepeti perumpamaannya detasmen (peleton pasukan) yang gagal. Kemudian dia berkata: “Apakah engkau tahu tentang kegagalan mereka? Mereka tidak mendapatkan harta rampasan sedikitpun.”[1]

Untuk itu disunnahkan bagi orang yang shalat, jika ia dikuasai kantuk dan ia ada di suatu tempat di masjid, maka ia pindah ketempat yang lain.

Dari Ibnu Umar bahwa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian mengantuk di dalam masjid pada hari jumat, maka hendaklah ia pindah dari tempat duduknya ke tempat yang lain.”[2]

Hikmah perintah pindah tempat: “Sesungguhnya gerakan itu menghilangkan kantuk sesungguhnya tempat di mana dia terserang kantuk ada setannya!!”

Tidak dikatakan, pindah tempat ketika sedang khutbah adalah perbuatan yang terlarang, karena perbuatan tersebut akan menyibukkannya dari mendengar khutbah yang diperintahkan. Sedangkan hadits itu tidak mencakup yang demikian itu. Karena orang ngantuk yang pindah tempat akan menghilangkan kantuknya, sehingga ia menjadi ingat terhadap khutbah tersebut. Karena itu penetap syariat memerintahkan pindah tempat.

[Dikutip dari : Koreksi atas kekeliruan praktek ibadah shalat oleh Syaikh Abu ‘Ubaidah masyhur bin Hasan bin Salman. Penerbit Maktabah Salafy Press, halaman 440 – 441]

Download kajian ini

Foot note:
[1]. Tafsir Al Qurthubi (18/117)

[2]. Dikeluarkan oleh Abu Dawud di dalam As Sunan nomer (1119), Ibnu Hibban di dalam Ash Shahih nomer (571-mawarid), Al Hakim di dalam Al Mustadrak (1/291), Al Baihaqi di dalam As Sunanul kubra (3/237), Ahmad didalam Al Musnad (2/22,32), Abu Nu’aim di dalam Akhbar Ashbahan (2/186), Ibnu Khuzaimah di dalam Ash Shahih nomer (1819) dan hadits ini shahih.

[3]. Ad Dinul Khalish (4/145-146).

By Abu Bakrah Posted in Fiqih

One comment on “Sejumlah kesalahan yang bisa menghapus pahala shalat jumat bagian kelima

  1. assalamualaikum wr.wb.
    maaf bagaimana caranya kami bisa mendapatkan bagian-bagain sebelumnya untuk bahasan ini
    terima kasih
    wassalam

    ————–

    wa’alaikum salam warahmatullah

    antum bisa membacanya pada postingan ana yang lain, atau kalo mau yang lebih komplit, ahsan antum beli bukunya saja langsung. Insya Allah Disitu banyak manfaatnya.

    wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s