Dimana Allah? (Bag. 6) Dalil-Dalil Secara Akal yang Menetapkan Allah di Atas Langit

Dalil-Dalil Secara Akal

  1. Dari dulu Allah itu ada dan tidak ada sesuatu apapun bersama-Nya kemudian Allah menciptakan makhluk, maka tatkala Allah menciptakan mereka maka hanya akan ada dua kemungkinan, Allah menciptakan makhluk-Nya berada dalam diri-Nya atau menciptakannya di luar diri-Nya, yang pertama adalah bathil secara pasti dengan kesepakatan. Sebab Allah di sucikan dari hal-hal yang bertentangan dan disucikan merasuk di kotoran-kotoran, Maha Tinggi Allah dari hal tersebut. Hal itu mengharuskan Allah berpisah dengan makhluk-Nya dan makhluk tidak mungkin bersatu dengan Allah.
  2. Dan dikatakan: kemungkinan Allah masuk (berada) di alam atau berpisah dengan alam, dan sungguh telah pasti dan harus Allah itu berpisah dengan alam, dan kalau berpisah maka mengharuskan Allah berada di atasnya, hal ini diperjelas dengan perkara berikut:
  3. Bahwasanya arah di atas adalah arah yang paling mulia dan itu menunjukkan sifat kesempurnaan, tidak ada kekurangan dari sisi maapun juga, maka dengan hal itu mengharuskan akan kekhususan Allah dengan hal tersebut dan ini adalah kelaziman Dzat-Nya maka tidak ada wujud selain Dzat-Nya kecuali Allah tinggi berada di atasnya.
  4. Sesungguhnya diketahui dengan akal yang sehat tidak mungkinnya ada dua wujud salah satunya tidak sederetan pada yang lain dan tidak berpisah darinya dari satu sisipun.

(Syarh Aqidah Thahawiyah hal 389-390, Dar`ut Ta’arudh Baina Al ‘Aql wan Naql 6/143-146 dan 7/3-10, Ar Radd ‘Alal Jahmiyah karya Imam Ahmad hal 139 dan Al Fatawa 5/152 dan yang lainnya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s